Perbedaan Chkdsk /R dan /F


Hmm... Sudah lama saya tidak blogging, namun pada hari ini saya mendapat kesempatan untuk melanjutkan aktivitas blogging lagi. Saya kurang lebih 2-3 bulan tidak aktif dalam dunia blogging akibat kerusakan pada laptop yang saya sering gunakan untuk blogging, tepatnya pada hard disk. Seluruh data saya pada hilang dan terpaksa untuk membelinya yang baru dan pelan-pelan mengumpulkan kembali data-data tersebut. Pada saat itu, laptop saya menjadi sangat lambat dan berat, namun saya tidak berpikiran masalah tersebut terdapat pada hard disk. Jadi, saya putuskan untuk mengistirahatkan laptop saya untuk beberapa waktu. Nah, pada saat menyalakan laptop, muncul pesan bahwa Windows tidak dapat terbuka. Lalu, pada saat itu juga saya mencari-cari penyebab dari masalah ini, dan saya pun mengikuti tips tersebut. Saya melakukan perintah Chkdsk. Pertama saya menggunakan perintah Chkdsk /F dan tidak menemukan apapun. Lalu, saya menggunakan perintah Chkdsk /R, dan memakan waktu yang lama (sekitar 4-6 jam) dan menemukan hasil yang sama pula. Dari situ, saya langsung putus asa, dan membawa laptop saya service. Lalu, saya pun mencoba mencari apa perbedaan antara kedua perintah ini. Berikut adalah perbedaan antara Chkdsk /R dan Chkdsk /F

Chkdsk /F

Chkdsk /F adalah perintah untuk memperbaiki berbagai masalah yang terdapat dalam hard disk. Meskipun memperbaiki berbagai masalah, perintah ini tidak dapat menemukan bad sectors dan mengembalikan informasi yang masih terbaca. Perintah ini membutuhkan waktu yang lumayan cepat (sekitar 1 - 15 menit saja).

Chkdsk /R

Chkdsk /R adalah perintah untuk menemukan bad sectors dan mengembalikan informasi-informasi yang masih dapat terbaca dalam hard disk. Selain kedua itu, perintah ini juga sekaligus memperbaiki masalah-masalah lainnya, sama seperti perintah Chkdsk /F. Jadi, Chkdsk /R ini adalah perintah paling lengkap yang dimiliki Chkdsk. Meskipun lengkap, perintah ini membutuhkan waktu yang sangat lama (kadang bisa berhari-hari tergantung kapasitas hard disk).
Previous
Next Post »

Live links automaticly removed.

Live links automaticly removed.

Thanks for your comment!

Sepertinya anda mengaktifkan AdBlocker pada blog ini.

Iklan pada blog ini adalah satu-satunya penghasilan untuk blog ini.

Dengan menonaktifkan AdBlocker, anda telah membantu blog ini.

Terima kasih :)

×